Sabtu, 21 Mei 2016

MODUL JARINGAN KOMPUTER (LENGKAP WINDOWS 2008 SERVER)

 



BAB I
PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER

1.1.      PENGENALAN DASAR JARINGAN
Dengan semakin majunya teknologi komputer dan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan teknologi ini telah menciptakan berbagai konsekuensi, antara lain peningkatan ketergantungan terhadapa teknologi. Bagi sebagian besarkalangan masyarakat, pekerjaan mereka saat ini harus diselesaikan dengan komputer dan perangkat pendukung lainnya. Salah satu bentuk penerapan teknologi komputer tersebut adalah sistem jaringan komputer.
Sistem jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari atas komputer dan perangkat jaringan lainya yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer antara lain :
·         Membagi sumber daya contohnya berbagai pemakaian hardware dan berbagai koneksi internet
·         Mudah dalam berkomunikasi antara komputer contohnya penerapan E-mail/ Surat elektronika
·         Kegiatan instan messaging atau chatting
·         Akses informasi contohnya web browsing
·         Dasar acuan dalam membangun sistem jaringan warnet atau game online serta membangun sitem jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Dengan penggunaan jaringan komputer beberapa keuntungan yang dapat diperoleh adalah :
1.   Hardware Sharing
Menerapkan sistem jaringan komputer memungkinkan untuk berbagi pemakian hardwae (perangkat keras) secara bersama-sama. Dengan kata lain, dalam jaringan komputer sebuah hardware printer dapat digunakan secara bersama – sama oleh lebih dari 1 pengguna selama masih terhubung dalam jaringan komputer yang sama. Begiktu pula penggunaan hardware lainnya seperti scanner, CD/DVD room, harddrive, flashdisk dan lain-lain.
2.   Resource Sharing
Sistem jaringan komputer sangat memungkinkan untuk berbagai data dan informasi, termasuk juga berbagai koneksi internet sehingg berguna sekali dalam menangani asalah saat beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan komputer tidak bisa terhubung ke internet secara individual
3.   Saving Money
Manfaat lain dari sistme jaringan komputer adalah penghematan pengeluaran untuk pembelian hardware, karena peralatan peripheral dalam sistem jaringan komputer bisa dibagi dan dipakai secara bersama-sama. Contoh berbagi hardware dalam jaringan komputer hardware printer, harddrive, scanner dan lain-lain.
4.   Hig Reliablity
Dengan menggunakan jaringan komputer anda mendapatkan reliablity atau tingkat kemampuang yang tinggi dengan memiliki sumber alternatif. Misalnya, daata yang digunakan dapat disimpan atau dicopy ke beberapa komputer yang terhubung dengan jaringan komputer sehingga bila salah satu komputer rusak, maka salinan data pada komputer yang lain masih dapat digunakan sebagai cadnagan terhdap data asli yang rusak sebelumnya.
5.   Data Security
Dalam sistem jaringan komputer memungkinkan seorang administrator (Orang yang bertugas dalam mengatur jaringan komputer) untuk dapat mengontrol data – data penting agar dapat diakses oleh para pengguna yang berhak saja. Sehingga data didalamnya akan lebih terjamin keamanan dan keutuhannya.

TIPE JARINGAN
Berdasarkan jangkau area atau lokasi, jaringan komputer menjadi 3 tipe yaitu :
1.   Local Area Network (LAN)
Local area network (LAN) sering dijumpai diwilayan perkantoran, kampus, sekolah maupun wanet. Tipe jaringan ini hanya dapat menghubungkan sejumlah komputer yang ada dalam suatu laokasi dengan jaarak dekat dan terbatas (kurang lebih beberap kilometer) seperti dalam ruangan atau gedung. LAN dapat menggunakan media penghubung sepetri kabel serta wireless (tanpa Kabel)
2.   Metropolitan Area Network (MAN)
Sesuai dengan namanya, maka tipe jaringan komputer yang satu ini mampu mencakup wilayan yang lebih luas (kurang lebih 50 meter) daripada tipe lan. Selain itu kemampuan transfer datanya pun bisa mencapai yang sangat tinggi. MAN merupakan gabungan rangkain beberapa jaringan bertipe LAN, contohnya jaringan komputer antara kota dan antar provinsi.
3.   Wide Area Network (WAN)
Tipe jaringan ini mencakup wilayah yang lebih luas daripada tipe jaringan MAN. Cakupan  wilayah WAN mampu antar daerah dari negara yang berbeda. Tipe jaringan WAN dapat disebut dengan jaringan internet atau jaringan globalkarena dpat mencakup keseluruhan jaringan di dunia.

1.2.      KOMPONEN JARINGAN LAN
A.    SOFTWARE JARINGAN LAN
Software jaringan lain merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh sebuah PC untuk menghubungkan antara perangkat keras sebuah PC dengan user atau brainware (pengguna).
Berikut ini software penunjangan untuk aplikasi jaringan komputer meliputi :
§  PC Operating system : MS DOS, OS/2, Windows, NT, UNIX
§  Sistem operasi Network (NOS = Network Operating System) yang, digunakan untuk membangun suatu Jaringan, baik berbasis windows (Workgroup atau Client Server) maupun sistem operasi yang berbasis multiuser (Unix, Linux, Netware, Windows NT-Server dan Windows 2000 Server)
§  Protocol : software yang diperlukan untuk menghubungkan antara client atau dengan server.
§  Program Aplikasi : Program aplikasi yang b
§  Berbasiskan jaringan, yang dibuat khusus untuk memudahkan user dalam monitoring dan management informasi, contohnya : program aplikasi untuk sistern informasi kampus, sistem akuntansi dan sebagainya.
§  Internet Sharing : Program aplikasi atau utility untuk internet connection sharing yang memungkinkan user dapat memanfaatkan fasilitas internet bersamaan dalam sebuah jaringan.

B.   HARDWARE JARINGAN LAN
Dalam membangun sebuah sistem jaringan komputer, diperlukan beberap perangkat keras jaringan. Dimana perangkat keras jaringan dibutuhkan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dari pengguna. Adapun perangkat keras yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan komputer antara lain :
·         PC/LAPTOP
Server
Komputer server adalah komputer yang biasanya dikhususkan penyimpanan data atau sebagai basis data. Selain itu, jika menggunakan System operasi berbasis network (Network Operating System), berisikan daftar user yang diperbolehkan masuk server tersebut. Dalam mode programming client/server, server adalah program-program yang menunggu dan memenuhi permintaan dari client program yang sama atau berbeda.
Jenis server yang paling banyak digunakan adalah Disk Server, File Server, Printer Server, messeging server dan Terminal Server.
  • Disk Server

·         File server

  • Terminal Server




Workstation
Adalah komputer yang ditujukan sebagai client, dimana komputer ini sebagai tempat kerja atau pengolahan data yang diakses dari server.

·         Lan Card / Ethernet Card (Kartu Jaringan)
Ethernet Card merupakan hardware jaringan yang dipasang pada sebuah PC yang berfungsi untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan LAN (Local Area Network). Ethernet Card menggunakan kabel Coaxial, twister pari dan dapat digunakan juga dalam wireless Lan(WLAN). Setiap Ethernet Card memilik MAC Address (Medicom Access Control) yang unik dan berbeda-beda, hal tersebut berarti tidak ada 2 buah Ethernet Card yang memiliki MAC Address yang sama.
Ethernet Card memiliki stndar internetnasional yang diberikan oleh IEEE (Institute of Electrical dan Electronics Engineers) sebagai pengembang utama Ethernet Card, seperti berikut ini :
1.    Standard Ethernet merupakan Ethernet Card yang menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 10 Mbps (Mega Bits per second)
Standar
Panjang Kabel Maksimal
10 base 5
500 meter
10 base 2
185 meter
10 base T
100 meter
10 base FL
2 kilometer

2.    Fast Ethernet merupakan Ethernet Card yang menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 100 Mbps
Standar
Panjang Kabel Maksimal
100 base Tx
100 meter
100 base T4
100 meter
100 base T2
100 meter
100 base Fx
2 Kilometer
100 base Fx
10 Kilometer

3.    Gigabit Ethernet merupakan Ethernet Card yang menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 1 Gbps (Giga bit per second)
Standar
Panjang Kabel Maksimal
1000 base Sx
220 – 550 meter
1000 base Lx
3 kilometer
1000 base Cx
25 meter
1000 bse T
100 meter

·         HUB
HUB atau konsentrator adalah sebuah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel jaringan. Selain itu HUB udah berfungsi sebagai penerima sinyal dari sebuah komputer, kemudian mentransmisikan ke komputer lain pada sebuah jaringan. Dengan kata lain HUB bekerja sebagai penyambung, conentrator dan sebagai penguat sinyal pada kabel jaringan.
Pada sebuah HUB dapat berfungsi sebagai HUB aktif atau sebagai HUB pasif. HUB aktif dapat difungsikan sebagai penguat sinyal sebelum sinyal tersebut dikirim kembali ke komputer lain. Sedangkan sinya HUB pasif hanya berfungsi sebgai pembagi atau pemisah sinyal yang ditransmisikan pada sebuah jaringan. Pada sebuah HUB terdapat beberapa port yang digunakan memasng konektor RJ45 yang sudah terpasang  pada kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) pada sat anda membeli HBU sesuaikan jumlah port dengan jumlah komputeryang terhubung dalam jaringan.
Hub tidak mengenal MAC Address/Physcal Address, sehingga tidak dapat memilha data yang harus ditransmisikan dengan yang tidak, sehingga collision pada sebuah jaringan tidak dapat dihindari. Collision (Tabrakan) merupakan suatu kondisi apabila terdapat dua device yang mengirim data pada saat bersamaan yang akan berakibat hilangnya data.






·         Switch
Switch hampir sama dengan HUB karena mampu menganalisis alamat tujuan dari data yang dikirim, namu memiliki port yang lebih banyak dan mampu membangun sebuah jaringan. Pengalamatan yang dilakukan switch yaitu berdasarkan alamat fisik atau MAC address dari setiap perangkat yang terhubung dengan switch. Selain itu switch mampu melakukan penyaringan data yang lewat untuk dicek apakah ada yang rusak atau tidak.
Pada jaringa yang lebih besar atua ramai jalur komunikasinya lebih memilih menggunakan switch daripada HUB karena dengan menggunakan switch jaringan bisa lebih cepat dan aman. Perkembangan teknologi perangkat keras jaringan hingga saat ini sudah terdapat gabungan fitur daru dua hardware tersebut yaitu switch dan HUB dalam suatu hardwarea bernama HUB/Switch.
Switch menggunakan transmisi Full Duplex dimana memiliki jalur antara receive (menerima) dan transmit (mengirim) data yang terpisah. Walaupun collision data masih mungkin dapat terjadi, tetapi diminimalirisr dibandingkan dengan HUB.

·         Modem
Modem berasal dari singkata dari Modulator de-Modulator merupakan perangkat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya dari sinyal digital menjadi sinyal analog. Modem digunakan utnuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet. Modem juga dpat digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer dengan menggunakan line telepon.
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa dan siap dikirimkan, sedangkan De-Modulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Modem dibedakan menjadi dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal.
1.    Modem internal, merupakan modem yang dipasang menancap didalam motherboard PC, modem internal berbentuk card yang terpasang pada slot ekspansi yang ada pada motherboard.
2.    Modem Eksternal, merupakan modem yang terpasang diluar PC, untuk menghubungkan  dengan PC melalui port komunikasi COM1 atau dengan port USB
Perbedaan yang sangat mencolok antara modem internal dan modem eksternal adalah :
a.    Umumnya harga modem eksternal lebih mahal dari modem internal.
b.    Modem eksternal terletak terpisah/diluar dari komputer, sedangkan modem internal terpasang langsung pada slot ekspansi di motherboard
c.    Modem eksternal memiliki lampu indikator yang memungkinkan anda memantau status modem, sedangkan modem internal tidak memiliki lampu indikator status mode, namun bukan berarti anda tidak bisa memantau kondisinya.

·         Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menguat sinyal. Repeater digunakan apabila menghubungkan perangkat dengan jarka yang berjauhan. Repeater tidak hanya diperuntukan bagi jaringan kabel saja, namun sudah mendukung pada jaringa wireless.
Pada ethernet card kualitas transmisi data hanya bertahan dalam jangka waktu terntu dalam jangkauan yang terbatas dan selanjutnya akan mengalami degradasisampai paket – paket data terkirim sampai ke tujuan. Sebagai contoh apabila terdapat sebuah LAN dengan menggunakan kabel UTP (Unshieldet Twisted Pair) dimana kabel tersebut memiliki panjang 100 meter, lebih dari itu makan akan mengalami degradasi. Sehingga untuk menguatkan kualitas transmisi data dari kabel tersebut maka bisa memasang repeater.

·         Router
Router adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang mengirimkan paket data sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing untuk menyambungkan jaringan LAN atau WAN ke jaringan WAN (internet) atau menyambungkan dua atau lebih jaringa yang berbeda kelas. Router bekerja dengan melihat alamat asa dan alamat tujuan dari paket data yang melewati dan memutuskan rute yang akan dilewati paket data tersebut utnuk sampai ketujuan. Router mengetahui alamat masing – masing komputer dilingkungan jaringan lokalnyamaupun router lainnya.
Semisal pada suat perusahaan terdapat 10 komputer client yang menggunakan IP Address 192.168.1.xxx (jaringan A), sedangkan koneksi internet dari IPS dialokasikan IP Address 192.168.xxx.xxx (jaringan B). agar 10 komputer client dapat terhubung dengan internet (Jaringan B), makan diperkulan sebuah router yang memiliki setidaknya 2 port. Suatu port terhubung dengan jaringan B, kemudian melakukan proses routing untuk membuat kedua jaringan tersebut saling terhubung.

·         Bridge
Bridge merupakan perangkat keras jaringan untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Bridge juga bertugas untuk mengirimkan paket – paket data, sehingga bridge memiliki kemampuan yang lebih baik dibandignkan dengan HUB atau sitch karena bridge mampu membagi –bagi arus paket data ke segmen-segement ertentu dengan sitem filtering traffic. Selain it, bridge juga dapat dikatakan sebgai media expander utnuk menambah jangkaua dari sebuah jaringan LAN dan menghubungkannya dengan jaringa lainya pada lokasi yang berbeda.
Brige memiliki buffer yang cukup untuk menghadapi ketidaksesuaian kecepatan pengiriman dan penerimaan data. Misal dua lokasi perusahaan menggunakan dua jenis sistem jaringan yang berbeda, yang satu menggunakan kabel serta fiber optik dan yang lainnya menggunkan kabel coaxial, makan kedua sistem tersebut dapat digabungkandengan menggukan bridge. Dan juga dapat menghubungkan jaringan yang menggukan topologi Ring dengan jaringan yang menggunakan topologi star.

·         Konektor
Konektor bertujuga sebagai penghubung kabel dan terpasang pada ujung kabel, terdapat beberap jenis konektor yang umum digunakan :
ü  Konektor BNC (Bayonet Neill-Concelman) merupakan konektor yang digunakan untuk jenis kabel Coaxial dan umum digunakakn pada jaringan memakai topologi BUS.
ü  Konektor RJ-45, merupakan konektor yang digunkan untuk jenis kabel UTP serta STP
ü  Konektor ST, konekter ST (Straight Tip) merupakan konektor yang digunakan untuk jenis kabel fiber optik. Bentuk konektor ST hampir mirip dengan konektor BNC. Konektor ini umum digunakan untuk Singel Mode maupun multimode
·         Kabel
Kabel merupakan perangkat utama dalam jaringan kabel yang digunkan sebagai jalur yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat yang lain. Terdapat tiga jenis kabel yang sering digunkan sebagai media komunikasi jaringan :
§  Co-axial
Kabel Co-axial terdiri dari dua kabelyang dilindungi oleh dua lapisan. Lapisan petama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Lapisan kedua dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh eletromagnetik
Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengah yang selanjutnya dilapisi atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir yang menghindari dari goresan kabel. Makin besar ukuran kabel yang digunakan, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap intervensi listrik
§  UTP (Unshielded Twister Pair)
Kabel UTP merupakan kabel yang umum dipakai dalam membangun sebuah jaringan komputer. Kabel UTP digunakan sebagai media penghubung antara komputerdan peralatan jaringan yang lain (HUB atau Switch)
Pada kabel UTP berisi empat pasang (Pair) kabel yang tiap pair-nya disusun spiral atau saling berlilitan. Kempat pasang kabel (delapan kabel) yang merupakan isi dari kabel UTP berupa kabel tembaga tunggal yang berisolator. Kabel ini tidak dilengkai dengan pelindung (unshielded) sehingga kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik
Terdapat beberapa jenis kategori pada kabel UTP, tetapi yang saat ini banyak dipakai adalah kategori 5, Kategori 5e dan kategori 6.
o   Kabel UTP kategori 5, merupakan kabel UTP yang memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP kategori sebelumnya. Kabel UTP kategori 5 didesain untuk komunikasi data dengan kecepatan hingga 100 mega bit per detik (100 Mbps) kabel UTP kategori 5 menggunkan kawat tembaga dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twister pair). Kanel UTP kategori 5 dapat mendukung jaringan Ethernet (10BaseT) dan Fast Ethernet (100BaseT).
o   Kabel UTP Kategori 5e, merupakan kabel UTP yang memiliki frekuensi dan kecepatan sama dengan kabel UTP kategori 5. Kabel UTP kategori 5e disebut dengan Enhanced Category 5, karena kabel ini merupakan veri perbaikan dari kabel UTP kategori 5, yang menawarkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP kategori 5.
o   Kabel UTP kategori 6, merupakan kabel UTP yang memiliki frekuensi dan kecepatan up to 250 Mbps. Kabel UTP kategori 6 digunakan untuk jaringan Gigabit Ethernet.









§  STP (Shielded Twisted Pair)
Kabel STP (Shielded twisted pair)adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel sehingga lebih tahan terhadap gangguan radiasi elektromagenitk yang tidak diinginkan, sama seperti bentuk dari kabel UTP. Kabel ini juga memiliki komponen yang sama seperti kabel jenis UTP namum dengan harga yang sedikit mahal.

§  FDDI (Fiber Data Distributed Interface)
FDDI atau yang sering disebut dengan kabel serat Fiber Optik merupakan kabel jaringan yang dapat mentransmisikan cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel Fiber Optik lebih mahal harganya. Kabel Fiber Optiok memiliki jangkauan yang lebih jauh sama dengan ratusan kilometer.
Kabel Fiber Optik lebih tahan terhadap inteferensi elektromagenetikdan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis kabel lainnya. Kabel Fiber Optik tidak membawa sinyal eletrik, seperti kabel lainnya yang menggunkan kabel tembaga.
Kabel Fiber optik ada yang menggunakan inti tembaga dan disebut sebagai CDDI (copper Distributed Data Interface). Kabel ini juga terdiri dari dua jenis mode transmisi, yang dikenal sebagai Singel Mode dan Multi Mode. Kabel Single Mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dan hanya mengirim satu sinya pada satu waktu. Kabel Multi Mode mengirim sinyalyang berbeda pada saat bersamaan, serta mengirim data pada saat yang bersamaan pla. Kabel single mode dapat menjangkau ratusan kilometer, sedangkan kabel Multi Mode biasanya hanya mencapai kurang lebih 500 meter.


Daftar Isi Modul Jaringan Komputer Lengkap Windows 2008 Server


BAB I       PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER
                  A.  PENGENALAN DASAR KOMPUTER
                  B.  KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER
BAB II      PROTOKOL JARINGAN
                  A. PROTOKOL OSI
                  B. PROTOKOL TCP/IP
                  C. IP ADDRESS IPv4 DAN IPv6
BAB III    INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS CLIENT
                  A.  SISTEM OPERASI WINDOWS 7
                  B.  SYARAT INSTALASI SISTEM OPERASI
                  C.  SETTING BIOS
                  D.  LANGKAH – LANGKAH MENGINSTAL WINDOWS 7
                  E. MENGAKTIVASI WINDOWS TRIAL
BAB IV    INSTALASI KABEL JARINGAN KOMPUTER
                  A.  JENIS KABEL JARINGAN KOMPUTER
                  B.  INSTALASI KOMPONEN JARINGAN DENGAN KABEL TWISTER PAIR 
                  C.  LANGKAH-LANGKAH INSTALASI KABEL UTP
BAB V      KONFIGURASI JARINGAN LAN
A.    TIPE JARINGAN KOMPUTER
B.     KONFIGURASI JARINGAN LAN
C.     MENGIRIM PESAN LEWAT DOS PROMPT WINDOWS
BAB VI    SHARE DRIVE
A.    PENGANTAR
B.     JENIS – JENIS SHARE DRIVE
C.     SHARE DRIVE SECARA MANUAL
D.    SHARE DRIVE SECARA OTOMATIS
BAB VII   SHARING PRINTER JARINGAN LAIN
A.    PENGANTAR
B.     CHATING LOCAL JARINGAN LAN
BAB VIII STRATEGI AKSES WEB BERSAMA
A.    PENGANTAR
B.     SALURAN ALTERNATIF JARINGAN INTERNET
C.     METODE PEMBAYARAN AKSES INTERNE
BAB XI    KONFIGURASI KONEKSI WIRELESS
A.    JENIS MODE WLAN
B.     MODE AD-HOC
C.     MODE INFRASTRUKTUR.     
BAB X      MENGENAL SISTEM OPERASI WINDOWS SERVERV
A.    PENGANTAR....................................................................................................... 
B.     ALASAN MEMILIH WINDOWS SERVER 2008.............................................  
C.     JENIS – JENIS SISTEM OPERASI UNTUK JARINGAN KOMPUTER.........  
D.    FASILITAS YANG DIMILIKI OLEH SISTEM OPERASI BERSIS SERVER   
E.     FITUR – FITUR YANG DIMILIKI SISTEM OPERASI BERBASIS SERVER  
BAB XI    INSTALASI SISTEM OPERASI ............................................................................     
A.    HARDWARE MINIMUM....................................................................................     
B.     TIPE INSTALASI WINDOWS SERVER 2008..................................................      
C.     INSTALASI WINDOWS SERVER 2008 ENTERPRISE EDITION.................      
BAB XII   SERVER – 1: KONFIGURASI PC SERVER........................................................     
A.    PENGANTAR.......................................................................................................     
B.     PENGATURAN IP ADRESS...............................................................................     
C.     MENAMBAHKAN ROLES ACTIVE DIRECTORY DOMAIN SERVICE....       
D.    INSTALASI DOMAIN CONTROLLER.............................................................      
BAB XIII SERVER-2 : MANAJEMEN USER CLIENT - SERVER...................................       
A.    MEMBUAT USER ACCOUNT BARU...............................................................      
B.     PENGATURAN USER ACCOUNT PROPERTIES...........................................       
BAB XIV SERVER – 3: WEB SERVER
A.    IIS...........................................................................................................................       

untuk mendapatkan modul lebih lengkap (106 Halaman), silahkan kirimkan email ke silaenrobby@gmail.com
Subek : Modul Jarkom
Isi :
Nama Lengkap :
Pekerjaan :
No. Hp :

Sangat cocok untuk digunakan menjadi bahan ajar dan modul referensi belajar jaringan komputer.

Tidak ada komentar:
Write komentar


Follow us on FB

Featured Video

Pencarian..