Jumat, 20 Mei 2016

ECOMMERCE LENGKAP STUDI KASUS

 



BAB 1
PENGENALAN ECOMMERCE



1.1.Mengapa Perlu E-Commerce
Menjual dan membeli (perdagangan) sudah biasa dilakukan oleh setiap orang. Kegiatan perdangan secara mudah bisa kita lihat melalui berbagai media, mulai dari pasar tradisonal, toko, minimarket/supermarket/hipermarket, TV shoping dan sebagainya. Akan tetai seiirng dengan perkembangan teknologi komunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan budaya dan tatacara dalam transaksi jual beli.
Para era teknologi informasi maju atau information age seperti saat ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi . termasuk komunikasi bisnis. Banuak sekali pertimbagan dan alasan para pelaku bisnis. Banyak sekali pertimbangan dan alasan para pelaku bisnis mengeksplotasi kemajuan teknologi informasi untuk bisnis meraka. Mau menyebutkan alasanya, silahkan! Banyak kan?. Bagaimana caranya dengan teknologi E-commerce.
           
1.2. Apa itu E-Commerce
E-commerce merupakan ekstesion dari commerce dengan mengeploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronika ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnsi mau tidak mau harus menggunakan media elektroni ini.
Menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) : E-commerce adalah transaksi berdasarkan proses dan transmisi data secara elektronik. Asosiasi di bidang perdagangan global (Alliace for Global Bussiness) memberikan pengertian pengertian E-commerce sebagai keseluruhan transaksi yang melibatkan transfer informasi, produk, jasa atau pembayaran melalui jaringan elektronik sebagai Media (Suherman 2002 dalam Kamelo, 2005). Sebenarnya tidak ada defenisi yang baku tentang ecommerce, akan tetapi secara sederhana e-commerce merupakan transaksi komersial antara pihak-pihak yang dilakukan secara elektronik (Ding, 1999).
Tidak bisa dipungkiri lagi, E-commerce telah mengubah pradigma proses pengembangan, pemasaran, penjualan, pemesanan, pengiriman, pelayanan dan pembayaran dan sebagainya. Pendekatan pemasana produk dan jasa berganti dari off-line menjadi on-line dan lebih interaktif. Keberadaan transaksi elektronik secara on-line dengan internet ini kemudian melahirkan komunikasi global antar para pelaku bisnis secara virtual.

1.3.Keunggulan dan Manfaat E-commerce
Kalangan bisnsi melihat e-commerce adalah sebagai suatu kemungkinan bisnis yang baru dengan banyak sekali keunggulan yang dipunyai. Berbagai keunggulan itu antra lain :
1.      Jangkuan atau cakupan yang luas berbasis konsumen besar. Para pengecer yang menggunakan web akan menikmati keuntungan dari jumlah konsumen yang terus bertambah banyak. Berbagai hambatan geografis yang ada selama ini menjadi hilang dan tidak ada batasan mengenai jangka waktu kegiatan. Jam beroperasi hanya dibatasi oleh hardware dan software yang digunakan.
2.      Pendapatan yang terus bertambah. Web membuka berbagai kemungkinan dalam melakukan penjualan dan distribusi. Merchants mendapatkan berbagai keuntungan dan besarnya pasa yang ada baik dilihat secara geografis maupun dilihat dari sisi jumlah konsumen
3.      Penghematan biaya. Penggunaan e-commerce akan dapat secara drastis mengurangi biaya inventaris persedian yang harus disediakan oleh merchant dalam suatu waktu. Terdapat berbagai perusahaan yang tidak mempunyai persediaan (invetory) tetapi mereka dapat menawarkan berbagai macam produk kepada pelanggannya. Meraeka hanya menghubungkan antar berbagai macam permintaan yang ada kedalam sistem yang digunakan oleh produsen.
4.      Hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Perdangan secara on-line mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan konsumen secara lebih dekat dan cepat. Konsep ini dikenal sebagia one to one marketing, dimana merchant dapat secara langsung berinterkasi dengan konsumen.

Lebih lanjut Martin et al (1999) mengatakan bahwa terdapat dua aspek manfaat penggunaan e-commerce melalui melalui internet dalam bisnis :
1.      New Concept support capabilities
Dengan menggunakan fasilitas internet konsumen bisa lebih bebas mengakses informasi yang dibutuhkan (mengenai produk, pelayanan, dan lain-lain)
2.      New Marketing Channel
Internet tidak hanya memberikan kemudahan bagi konsumen, tapi juga memberikan cost effective bagi perusahaan untuk membuka saluran pemasaran yang baru. Menurut studi yang dilakukan oleh Himelstein, Nenborne dan Eng (1997) sangat diajurkan perusahaan menerapkan pemasaran berdasarkan web karena akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain :
a.      Attract New Customer
Studi yang dilakukan oleh Daniel dan Strrey yang akan dikutip oleh martin et. Al, (1997) di industri perbankan menemukan bahwa adanya layanan perbankan elektronik membuat nasabah tidak berpindah ke bank lain
b.      Single Point of Contract
Dengan internet  sangat mungkin terjadinya single point of contact bagi pelanggan, karean pelanggan dengan cukup satu kali mengakses ke website tertentu, mereka bisa mengakses banyak produk dari berbagai macam divisi dalam perusahaan yang sama.
c.       Market Research
Memberikan informasi pada pelanggan melalui iklan dan membangun kesadaran merk.

Secara prakmatis dapat dikatan bahwa berbisnis dengan e-commerce memberikan berbagai manfaat dan keuntungan, seperti :

  1. Kemampuan untuk bisa diakses jauh lebih luas atau melebarkan jangkauan (global reach)
  2. Revenue stream yang baru yang mungkin sulit atau tidak dapat diperoleh melalui cara konvesioanl
  3. Meningkatkan market exposure
  4. Memperpendek waktu product-cycle
  5. Meningkatkan customer loyality
  6. Menaikkan value chain dengan mengkomplemenkan bussiness practice, mengkonsolidasikan informasi dan membukanya kepada pihak – pihak yang terkait di dalam value chain
  7. Meningkatkan daya saing dan kualitas layanan
  8. Mengurangi mata ranti untuk pengadaan produk dan meningkatkan supply management
  9. Efisiensi biaya atau menurukan biaya operasi (Operationg cost efficency)
  10. Peluang lahirnya bisnis atau produk dan layanan baru

Dengan melihat keuntungan  - keutungan diatas, maka kita merasa bahwa e-commerce meruakan suatu keharusan. Akan tetapi kita tidak dapat langsung terjun ke dalam tanpa mengerti pola bisnis atau model bisnis yang menjadi berubah dengan adanya e-commerce ini. Usah untuk mengerti tentang e-commerce, khususnya untuk keperluan promosi UMKM merupakan salah satu tujuan dari modul ini.

Studi Kasus Program Eccommerce dari Modul Diatas :
Halaman Utama Eccommerce

Detail Produk


Daftar Isi Modul Eccomerce :


BAB I       PENGENALAN ECOMMERCE ...........................................................................     
                  A.  Mengapa Perlu Ecommerce ...................................................................................   
                  B.  Apa itu Ecommerce ...............................................................................................    
                  C.  Keunggulan dan Manfaat Ecommerce ..................................................................    
BAB II      APLIKASI BISNIS DENGAN ECOMMERCE ...................................................     
                  A. MODEL BISNIS DENGAN ECOMMERCE.......................................................     
                  B. ECOMMERCE UNTUK BISNIS APA DAN DENGAN SIAPA ......................       
                  C. CONTOH APLIKASI BISNIS ECOMMERCE...................................................      
BAB III    PENGENAL CSS.......................................................................................................    
                  A.  Pengertian CSS.......................................................................................................   
                  B.  fungsi dan kegunaan CSS ......................................................................................   
                  C.  manfaat dari CSS ...................................................................................................   
                  D.  syntak css ...............................................................................................................   
                  E. CSS STYLING BACKGROUND..........................................................................      
                  F. CSS STYLING TEXT.............................................................................................      
                  G. CSS STYLING FONT............................................................................................      
                  H. CSS ID DAN CLASS.............................................................................................      
                  I.    MENGGUNAKAN CSS.......................................................................................      
                  J.    CSS STYLINK LINKS.........................................................................................      
                  K.  CSS TAMPILAN DAN VISIBILITAS................................................................      
                  L. CSS LIST.................................................................................................................      
                  M CSS. GARIS............................................................................................................      
                  N. CSS. MARGIN.......................................................................................................      
                  O. CSS TABEL............................................................................................................      
                  P.   CSS MODEL KOTAK..........................................................................................      
                  Q. CSS BORDER........................................................................................................      
                  R. CSS MEDIA TYPE.................................................................................................      
BAB IV    PERANCANGNA DATABASE DAN VALIDASI FORM LOGIN ..................       
                  A.  PERANCANGAN DATABASE..........................................................................      
                  B.  VALIDASI FORM LOGIN .................................................................................      
                  C.  LOGIN ADMINISTRATOR ...............................................................................      
BAB V      HALAMAN ADMINISTRATOR SISTEM ECOMMERCE...............................       
BAB VI    MODUL MENU : MENU KATEGORI DAN MENU PRODUK .......................       
BAB VII   HALAMAN WEBSITE SISTEM ECOMMERCE ...............................................     
BAB VIII HALAMAN PRODUK..............................................................................................     
BAB XI    MEMBER...................................................................................................................     
BAB X      TRANSAKSI PRODUK...........................................................................................     
BAB XI    PENGELOLAAN ORDER PRODUK....................................................................     
BAB XII   PEMESANAN PRODUK ........................................................................................    
BAB XIII LAPORAN STOK BARANG ..................................................................................   
BAB XIV LAPORAN ORDER PRODUK............................................................................... 



Modul Lebih lengkap silahkan Download disni Modul Ecommerce dan Lengkap Program Studi Kasus dari PHP.

Contact Person : Rosoft Silaen : silaenrobby@gmail.com

Tidak ada komentar:
Write komentar


Follow us on FB

Featured Video

Pencarian..