BAB 1
PENGENALAN ECOMMERCE
1.1.Mengapa
Perlu E-Commerce
Menjual
dan membeli (perdagangan) sudah biasa dilakukan oleh setiap orang. Kegiatan
perdangan secara mudah bisa kita lihat melalui berbagai media, mulai dari pasar
tradisonal, toko, minimarket/supermarket/hipermarket, TV shoping dan
sebagainya. Akan tetai seiirng dengan perkembangan teknologi komunikasi dan
komputer menyebabkan terjadinya perubahan budaya dan tatacara dalam transaksi jual
beli.
Para
era teknologi informasi maju atau information age seperti saat ini, media
elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi .
termasuk komunikasi bisnis. Banuak sekali pertimbagan dan alasan para pelaku
bisnis. Banyak sekali pertimbangan dan alasan para pelaku bisnis mengeksplotasi
kemajuan teknologi informasi untuk bisnis meraka. Mau menyebutkan alasanya,
silahkan! Banyak kan?. Bagaimana caranya dengan teknologi E-commerce.
1.2.
Apa itu E-Commerce
E-commerce
merupakan ekstesion dari commerce dengan mengeploitasi media elektronik.
Meskipun penggunaan media elektronika ini belum dimengerti, akan tetapi desakan
bisnis menyebabkan para pelaku bisnsi mau tidak mau harus menggunakan media
elektroni ini.
Menurut
Organization for Economic Cooperation and
Development (OECD) : E-commerce adalah transaksi berdasarkan proses dan
transmisi data secara elektronik. Asosiasi di bidang perdagangan global
(Alliace for Global Bussiness) memberikan pengertian pengertian E-commerce
sebagai keseluruhan transaksi yang melibatkan transfer informasi, produk, jasa
atau pembayaran melalui jaringan elektronik sebagai Media (Suherman 2002 dalam
Kamelo, 2005). Sebenarnya tidak ada defenisi yang baku tentang ecommerce, akan
tetapi secara sederhana e-commerce merupakan transaksi komersial antara
pihak-pihak yang dilakukan secara elektronik (Ding, 1999).
Tidak
bisa dipungkiri lagi, E-commerce telah mengubah pradigma proses pengembangan,
pemasaran, penjualan, pemesanan, pengiriman, pelayanan dan pembayaran dan
sebagainya. Pendekatan pemasana produk dan jasa berganti dari off-line menjadi
on-line dan lebih interaktif. Keberadaan transaksi elektronik secara on-line
dengan internet ini kemudian melahirkan komunikasi global antar para pelaku
bisnis secara virtual.
1.3.Keunggulan
dan Manfaat E-commerce
Kalangan
bisnsi melihat e-commerce adalah sebagai suatu kemungkinan bisnis yang baru
dengan banyak sekali keunggulan yang dipunyai. Berbagai keunggulan itu antra
lain :
1. Jangkuan atau cakupan yang luas
berbasis konsumen besar. Para pengecer yang menggunakan web akan menikmati
keuntungan dari jumlah konsumen yang terus bertambah banyak. Berbagai hambatan
geografis yang ada selama ini menjadi hilang dan tidak ada batasan mengenai
jangka waktu kegiatan. Jam beroperasi hanya dibatasi oleh hardware dan software
yang digunakan.
2.
Pendapatan
yang terus bertambah. Web membuka berbagai kemungkinan dalam melakukan
penjualan dan distribusi. Merchants mendapatkan berbagai keuntungan dan besarnya
pasa yang ada baik dilihat secara geografis maupun dilihat dari sisi jumlah
konsumen
3.
Penghematan
biaya. Penggunaan e-commerce akan dapat secara drastis mengurangi biaya
inventaris persedian yang harus disediakan oleh merchant dalam suatu waktu. Terdapat
berbagai perusahaan yang tidak mempunyai persediaan (invetory) tetapi mereka
dapat menawarkan berbagai macam produk kepada pelanggannya. Meraeka hanya
menghubungkan antar berbagai macam permintaan yang ada kedalam sistem yang
digunakan oleh produsen.
4. Hubungan yang lebih baik dengan
konsumen. Perdangan secara on-line mempunyai kemampuan untuk berinteraksi
dengan konsumen secara lebih dekat dan cepat. Konsep ini dikenal sebagia one to
one marketing, dimana merchant dapat secara langsung berinterkasi dengan
konsumen.
Lebih lanjut Martin et al (1999) mengatakan bahwa terdapat dua
aspek manfaat penggunaan e-commerce melalui melalui internet dalam bisnis :
1.
New Concept support capabilities
Dengan menggunakan fasilitas
internet konsumen bisa lebih bebas mengakses informasi yang dibutuhkan
(mengenai produk, pelayanan, dan lain-lain)
2.
New Marketing Channel
Internet tidak hanya memberikan
kemudahan bagi konsumen, tapi juga memberikan cost effective bagi perusahaan
untuk membuka saluran pemasaran yang baru. Menurut studi yang dilakukan oleh
Himelstein, Nenborne dan Eng (1997) sangat diajurkan perusahaan menerapkan
pemasaran berdasarkan web karena akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara
lain :
a. Attract
New Customer
Studi
yang dilakukan oleh Daniel dan Strrey yang akan dikutip oleh martin et. Al,
(1997) di industri perbankan menemukan bahwa adanya layanan perbankan
elektronik membuat nasabah tidak berpindah ke bank lain
b. Single
Point of Contract
Dengan
internet sangat mungkin terjadinya single point of contact bagi pelanggan,
karean pelanggan dengan cukup satu kali mengakses ke website tertentu, mereka
bisa mengakses banyak produk dari berbagai macam divisi dalam perusahaan yang
sama.
c. Market
Research
Memberikan
informasi pada pelanggan melalui iklan dan membangun kesadaran merk.
Secara
prakmatis dapat dikatan bahwa berbisnis dengan e-commerce memberikan berbagai
manfaat dan keuntungan, seperti :
- Kemampuan untuk bisa diakses jauh lebih luas atau melebarkan jangkauan (global reach)
- Revenue stream yang baru yang mungkin sulit atau tidak dapat diperoleh melalui cara konvesioanl
- Meningkatkan market exposure
- Memperpendek waktu product-cycle
- Meningkatkan customer loyality
- Menaikkan value chain dengan mengkomplemenkan bussiness practice, mengkonsolidasikan informasi dan membukanya kepada pihak – pihak yang terkait di dalam value chain
- Meningkatkan daya saing dan kualitas layanan
- Mengurangi mata ranti untuk pengadaan produk dan meningkatkan supply management
- Efisiensi biaya atau menurukan biaya operasi (Operationg cost efficency)
- Peluang lahirnya bisnis atau produk dan layanan baru
Studi Kasus Program Eccommerce dari Modul Diatas :
Halaman Utama Eccommerce
Detail Produk
Daftar Isi Modul Eccomerce :
BAB I PENGENALAN
ECOMMERCE ...........................................................................
A. Mengapa Perlu Ecommerce ...................................................................................
B. Apa itu Ecommerce ...............................................................................................
C. Keunggulan dan Manfaat Ecommerce ..................................................................
BAB II APLIKASI
BISNIS DENGAN ECOMMERCE ...................................................
A.
MODEL BISNIS DENGAN ECOMMERCE.......................................................
B. ECOMMERCE UNTUK BISNIS APA
DAN DENGAN SIAPA ......................
C. CONTOH APLIKASI BISNIS
ECOMMERCE...................................................
BAB III PENGENAL
CSS.......................................................................................................
A. Pengertian CSS.......................................................................................................
B. fungsi dan kegunaan CSS ......................................................................................
C. manfaat dari CSS ...................................................................................................
D. syntak css ...............................................................................................................
E. CSS STYLING BACKGROUND..........................................................................
F. CSS STYLING TEXT.............................................................................................
G. CSS STYLING FONT............................................................................................
H. CSS ID DAN CLASS.............................................................................................
I. MENGGUNAKAN CSS.......................................................................................
J. CSS STYLINK LINKS.........................................................................................
K. CSS TAMPILAN DAN VISIBILITAS................................................................
L. CSS LIST.................................................................................................................
M CSS. GARIS............................................................................................................
N. CSS. MARGIN.......................................................................................................
O. CSS TABEL............................................................................................................
P. CSS MODEL KOTAK..........................................................................................
Q. CSS BORDER........................................................................................................
R. CSS MEDIA TYPE.................................................................................................
BAB IV PERANCANGNA
DATABASE DAN VALIDASI FORM LOGIN ..................
A. PERANCANGAN DATABASE..........................................................................
B. VALIDASI FORM LOGIN .................................................................................
C. LOGIN ADMINISTRATOR ...............................................................................
BAB V HALAMAN
ADMINISTRATOR SISTEM ECOMMERCE...............................
BAB VI MODUL
MENU : MENU KATEGORI DAN MENU PRODUK .......................
BAB VII HALAMAN
WEBSITE SISTEM ECOMMERCE ...............................................
BAB VIII HALAMAN
PRODUK..............................................................................................
BAB XI MEMBER...................................................................................................................
BAB X TRANSAKSI
PRODUK...........................................................................................
BAB XI PENGELOLAAN
ORDER PRODUK....................................................................
BAB XII PEMESANAN
PRODUK ........................................................................................
BAB XIII LAPORAN
STOK BARANG ..................................................................................
BAB XIV LAPORAN
ORDER PRODUK...............................................................................
Modul Lebih lengkap silahkan Download disni Modul Ecommerce dan Lengkap Program Studi Kasus dari PHP.
Contact Person : Rosoft Silaen : silaenrobby@gmail.com
Tidak ada komentar:
Write komentar