Senin, 15 Mei 2017

Begini Tampilan Komputer Windows yang Terinfeksi Ransomware WannaCry

 



Semua orang sedang membicarakan ransomware jenis WannaCry. Dia telah menyerang jaringan komputer rumah sakit, perusahaan, dan lembaga pemerintah. Dia mengunci semua dokumen di komputer Windows yang terinfeksi. Meminta tebusan sebesar 300 sampai 600 dolar AS dalam bentuk Bitcoin. Lalu dia mengancam akan menghapus data jika korban tidak menebusnya. 

Lalu muncul pertanyaan, seperti apakah tampilan komputer Windows yang terinfeksi oleh ransomware WannaCry. 

Untuk menjawab itu semua, mari kita lihat bersama rekaman layar dari sebuah komputer Windows yang terinfeksi ransomware WannaCry. Rekaman layar ini diambil oleh pakar keamanan siber Matthew Hickey yang juga pendiri Hacker House. Dia memberikan dua video demonstrasi aksi WannaCry ke situs teknologi The Hacker News yang kemudian diunggah ke YouTube. 

Ini dia video demonstrasi aksi WannaCry. 



Dan yang kedua...  

Kalau video di atas kurang jelas, berikut foto yang memperlihatkan pesan pop-up WannaCry di komputer yang terinfeksi.


Lalu, secara otomatis wallpaper komputer yang terinfeksi akan berubah jadi demikian:

Bisa dilihat dalam video dan foto, WannaCry akan menampilkan pesan pop-up dengan teks bertuliskan, "Ooops, your files have been encrypted." Di sebelah kiri terdapat simbol gembok yang menandakan bahwa WannaCry mengunci dokumen di komputer yang terinfeksi. Lalu ada keterangan waktu mundur batas pembayaran uang tebusan, dan tenggat waktu penghapusan dokumen jika tebusan tidak dibayar. 

Di bagian bawah terdapat simbol Bitcoin, dan sebuah tautan agar korban membayar uang tebusan ke sebuah rekening Bitcoin. Sejauh ini diketahui tebusan yang diminta adalah 300 sampai 600 dolar AS dalam bentuk mata uang virtual Bitcoin. 


 Perlu diketahui versi Windows yang diserang WannaCry sejauh ini adalah Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 8. Tapi bukan berarti versi lainnya bakal aman, seperti Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows 10, Windows Server 2012 R2, dan Windows Server 2016. Pengguna harus mengaktifkan Windows Update dan juga memperbarui sistem keamanan, termasuk antivirus agar terlindung dari serangan ini. 

Hickey bilang ransomware jenis WannaCry bisa disebarkan dengan berbagai cara. Misal, dengan cara pengelabuan (phishing), rayuan untuk mengunduh sesuatu, atau beredar di berbagai situs yang jadi gudang malware.

Serangan global WannaCry terjadi pada Sabtu dini hari dan ini jadi sorotan karena 16 rumah sakit di Inggris lumpuh. Di Jakarta, Rumah Sakit Dharmais dan Harapan Kita jadi korban. Diketahui sistem antrean dan sistem pembayarannya tidak bisa dibuka sehingga operasional sementara harus dijalankan dengan pencatatan memakai kertas.  

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memberi langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan warga agar terhindar dari WannaCry. Pemerintah meminta warga untuk melakukan pembaruan keamanan sistem operasi Windows, melakukan backup data, memasang software antivirus, dan jika bisa memakai komputer lain berbasis Mac OS atau Linux Ubuntu. 

sumber : kumparan.com  

Tidak ada komentar:
Write komentar


Follow us on FB

Featured Video

Pencarian..