Sabtu, 21 Mei 2016

Alasan Indonesia Belum Terapkan Network Sharing

 

Berbagi jaringan atau network sharing menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah. Konsep network sharing sendiri ditujukan agar industri telekomunikasi bisa lebih efisien.

Terkait hal itu, ada yang melatar belakangi mengapa Indonesia belum menerapkan konsep tersebut. Ini dikatakan Nonot Harsono, Chairman of Mastel Istitute, belum lama ini kepada Okezone.
"Karena dulu terlalu banyak operator diundang. Dulu belum mikir aksesnya harus cepat, harus broadband, tapi seharusnya dibagi per wilayah. Tapi kita nggak bagi wilayah jadi semua overlaps," terang Nonot.

Namun sekarang, konsep network sharing ini belakang menjadi perhatian para operator, terlebih dua operator terkemuka Indonesia, Indosat Ooredoo dan XL membuat usaha patungan untuk menyelenggarakan berbagi jaringan.

Dengan begitu, isu soal network sharing ini seolah-olah telah mengerucut di Indonesia. Dan, menurut Nonot itu semua memang harus kembali sebagaimana mestinya. "Ini mengerucutnya secara alamiah. Ilmu alamiah itu kan ibarat sunatullah. Kalau emang harus satu, ya harus satu.," jelas Nonot.

Tidak ada komentar:
Write komentar


Follow us on FB

Featured Video

Pencarian..