Sabtu, 21 Mei 2016

Mengenal Lebih Dekat Konsep Network Sharing

 

Network sharing atau berbagi jaringan sudah menjadi isu lama dalam industri telekomunikasi. Bahkan pemerintah sedang menggodok aturan tersebut untuk efisiensi industri telkom.

Adanya network sharing ini terjadi karena jaringan saat ini telah berganti perannya. Saat ini, orang cenderung meminta akses cepat broadband, dan jaringan di sini tak mungkin menghadirkan banyak kabel dalam rumah.

"Gak usah banyak kabel, satu kabel saja sudah cukup. Satu kabel itu bisa digunakan banyak orang. Ini sebenarnya konsep networksharing," jelas Nonot Harsono, Chairman of Mastel Institute kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Saat disinggung perlunya network sharing, Nonot menjelaskan jika berbagi jaringan itu bukan hanya perlu, tetapi memang harus karena secara alamiah memang harus satu.

"Jaringan secara alamiah memang harus tunggal, ya harus tunggal. Tapi harus diwajibkan paksa, open accsess namanya, semua boleh memakainya. Jadi lombanya di server bukan saluran," kata Nonot.

Dengan tak berlomba di saluran ini memungkinkan untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Tak hanya menghemat biaya, nyatanya dengan menggunakan satu saluran itu bisa bermanfaat kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:
Write komentar


Follow us on FB

Featured Video

Pencarian..