Jumat, 20 Mei 2016

Perbedaan MySQL atau MySQLi ?

 

MySQL sudah sampai pada php versi 5.5.0, sudah usang dan ke depannya akan dihapus dari internal command php. Jadi bagi anda yang scriptnya coding manual menggunakan database mysql sepertinya sudah harus siap-siap dari sekarang untuk merombak scriptnya memakai MySQLi.
Sebenarnya apa sih perbedaan antara MySQL dengan MySQLi? Pada dasarnya databasenya masih sama dengan SQL dan phpMyAdmin juga masih sama, hanya saja pada MySQLi suport object oriented maupun prosedural. Object oriented nya sendiri sudah build in, jadi tidak perlu untuk membuat class sendiri. Tapi yang menurut saya keren karena MySQLi tidak perlu diinstall, sehingga saat menggunakan hosting gratisan ext nya sudah ada, dan bisa dilihat dari phpinfo. Sedangkan di localhost bisa dilihat di php.ini, di situ sudah ada extension=php_mysqli.dll
Oh iya, trend saat ini, terutama situs-situs besar sudah mulai migrasi ke MariaDB 10, Namun bagi anda penggemar hosting gratisan tentu tidak bisa menginstall MariaDB, jadi MySQLi saya pikir solusi yang tepat. Kelebihan lain dari MySQLi dibandingkan dengan MySQL adalah support prepared statement, yang mana banyak orang menggunakannya untuk menangkal SQL Injection. Untuk prepared statement ini akan saya bahas di lain waktu (gak janji).
Soal proseduralnya, MySQLi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan MySQL

MySQL $conect = mysql_connect($host, $user, $pass); 

MySQLi 
$conect = mysqli_connect($host, $user, $pass, $db);

MySQL $user = mysql_query(‘SELECT * FROM `user` WHERE `nama`=”robby”‘, $conect); $data = mysql_fetch_row($user); echo $data[1]; MySQLi  $user = mysqli_query($conect, ‘SELECT * FROM `user` WHERE `nama`=”robby”‘); $data = mysqli_fetch_row($user); echo $data[1]; mysqli_close($conect); MySQL mysql_real_escape_string($nama) MySQLi  mysqli_real_escape_string($conect, $nama)

Untuk bagian yang bersifat fundamental masih sama, seperti:

$user = “root”; $pass = “root”; $host = “localhost”; $db = “mydb”;

semoga tutorial ini bermanfaat buat agan2 semua.

Tidak ada komentar:
Write komentar


Follow us on FB

Featured Video

Pencarian..